Normal Mode
Responsive Mode

[Untuk Pemula] Setting CCTV Online Modem ZTE F609 Bisa Diakses Jarak Jauh

Cara Setting Cctv Online - Ingin cctv kamu bisa dikases dimana saja, kapan saja baik melalui Hp Android maupun Laptop ? jika kamu ingin memantau toko maupun rumah kamu dari jarak jauh maka kamu sudah pada posisi blog yang tepat, disini akan saya pandu caranya.

Yang kamu perhatikan saat setting cctv online agar dapat diakses dimana saja adalah IP Public, INGAT IP PUBLIC !, pengaitan IP yang tepat pada modem dan DVR sudah tentu akan berhasil saat dilihat dengan ip publik, namun banyak orang yang gagal pada masalah ini. Nah, kali ini saya akan berbagi pengalaman saat saya mensetting antara CCTV, DVR dan modem, waktu itu yang saya eksekusi adalah Cctv analog, DVR 8 titik cannel dan modem jenis ZTE F609 milik teman dengan jaringan mikrotik telkom dan DVR jenis CCTV analog.

Bagi kamu yang sedang mensetting jenis lain seperti hikvision, avtech, tp link, biznet dan lainnya pada prinsipnya sama saja.

Prinsipnya begini..
  • Setting DVR di monitor dengan bantuan mouse
  • Setting Modem di Browser dengan ip local http://190.162.1.1
Tambahan :
  • Instal CMS dan setting Ip-nya [melalui laptop]
  • Instal Aplikasi tambahan untuk Android
  • Beres


Yuk ikuti bahasan dibawah ini..
Setiap jenis modem dari jaringan telkom mempunyai IP lokal yang bisa diakses dimana saja dengan no IP yang sama yakni "http://192.168.1.1", dan setiap tipe DVR didalamnya akan disertai panduan cara setting dan beberapa sofware bawaan seperti CMS, Player, DiscPlayer hingga jenis aplikasi .apk untuk android, semua itu gunanya adalah untuk keperluan setting offline maupun online.

Disini kamu hanya perlu CMS bawaan kaset Dvd, lainnya singkirkan saja, karena membingungkan menurut saya. Cukup dengan aplikasi CMS sudah bisa melengkapi kebutuhan kamu. Untuk jenis .apk bawaan Dvd tidak perlu menginstalnya. Pengalaman pribadi, aplikasi android bawaan tidak bisa digunakan atau mungkin saya yag tidak bisa menggunakannya. Untuk aplikasi android saya memakai "vMEmeSuper" yang bisa kamu cari di google playstore, ingat tidak perlu yang lain, karena sudah saya analisa dan yang terbagus menurut saya aplikasi itu.

Kembali melanjutkan ke masalah diatas..

Kamu harus memahami panduan bawaan itu hingga benar-banar faham, namun jika kamu tidak sempat membacanya jangan khawatir saya akan berikan cara rahasianya agar tidak berlama-lama dalam memahami panduan itu _^^_

Begini..

Saya anggap kamu sudah memasang CCTV nya. Pastikan DVR, monitor, modem sudah saling berkaitan satu sama lain. Karena disini hanya memebahas cara mengonlinekan saja, untuk itu pastikan DVR sudah tersambung dengan modem, dalam kasus saya ini adalah modem ZTE F609.

Jika belum punya wifi silahkan mendaftarkan ke kantor telkom terdekat kota kamu agar bisa segera di instal di rumah kamu, biaya pendaftaran dan penarikan hanya sekitar 300rb an, bulan selanjutnya hanya membayar biaya paket internetnya saja sesuai kebutuhan, hemat bukan !

Setelah itu setting DVR nya melalui monitor seperti gambar berikut. Settingan gambar dibawah ini sesuai dalam panduan bawaan DVR.

Setting Dvr
Beres penyetingan DVR nya.

Sekarang yang sedikit ribet bagi pemula adalah cara setting modem nya. Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan agar CCTV dapat diakses di seluruh dunia.

IP Public vs IP Local

Ip publik adalah alamat http://xxx yang bisa diakses dimana saja, untuk mendapatkan IP publik dengan jenis modem lainnya nanti saya beri tahu cara mencarinya. Sedangkan IP local http://192.168.1.1 hanya bisa diakses di sekitaran wifi kamu selama sudah tersambung ke internet modem itu.

Jadi, pertama masuk ke Ip lokal, setting modemnya begini..

Langkah pertama
Langkah kedua
Langkah ketiga

Masih belum faham ?

..jangan khawatir saya akan berikan videonya agar kamu bisa jelas editingnya. Perhatikan dengan seksama video cara setting Cctv Online ZTE F609 berikut.


Setelah kamu selesai setting DVr dan Modem..

..sekarang instal CMS bawaan kaset DVD untuk membuktikan apakah CCTV sudah bisa diakses secara online, dalam hal ini masih pada jaringan lokal http://192.168.1.1

Cara setting aplikasi CMS yang ada pada kaset Dvd bawaan DVR kemungkinan namanya berbeda, jadi coba-coba instal semua saja, cari tampilannya yang bisa dilihat 1 titik cctv hingga banyak titik yang bisa dilihat dari 1 aplikasi itu.

Kalo kamu penasaran seperti apa isi folder kaset Dvd nya lihat gambar berikut ini.
Isi keseluruhan Dvd

Isi Folder Sofwarenya

Penampakan aplikasi CMS nya seperti berikut.

CMS
Setting aplikasi Cms nya begini..

Klik "system" >> "device manager" lalu klik "add area" maka akan muncul kotak "zone", beri nama bebas misalkan "jendelabuwana" untuk form "up zone" nya di kosongkan saja, lalu klik "ok".

Selanjutnya klik sekali "jendelabuwana" yang baru saja dibuat lalu klik "add device", maka akan tampil kotak isian  "edit", perhatikan gambar dan hasil settingannya berikut ini.
Setting CMS


Isikan "ip address" sama dengan alamat ip dvr, dalam kasus saya ini adalah 192.168.1.5 adapun isian lainnya ikuti seperti apa adanya gambar diatas.

Atau biar tidak terjadi kesalahan isian IP dan kawan-kawannya, maka klik saja "IP Search", tujuannya untuk mencari IP pada DVR, tunggu beberapa menit maka app CMS tadi akan mencari IP DVR, jika sdh terkonek akan muncul otomatis, lalu klik OK.

Sampai sini sudah beres penyettingan CMS nya.

Sekarang cctv kamu bisa diakses diseluruh penjuru dunia selama ada jaringan internet karena settingan Ip pada gambar diatas adalah Ip publik modem wifi yang saya kerjakan, Ip publik akan berbeda dengan Ip publik modem kamu. Cara mencari Ip public saya bahas dua paragraf setelah paragraf ini.

Aplikasi Google Playstore CCTV online untuk Hp Android


Nah sekarang kamu tidak perlu repot selalu membuka laptop kamu saat ingin memantau Cctv rumah melalui jarak jauh, kamu bisa memanfaatkan aplikasi "vMEmeSuper" yang bisa kamu dapat di google playstore dengan gratis.

Cara settingnya sederhana, dengan menggunakan ip publik modem wifi yang digunakan dirumah kamu.

Cara mencari ip public nya menggunakan situs ipgue.com, caranya kamu harus menggunakan koneksi wifi rumah, setelah tersambung ketikkan alamat url pada browser dengan alamat ipgue.com, disitu akan tampak ip public wifi kamu bagian sidebar kiri atas situs itu. Berikut penampakannya.

ipgue.com

Ip publik ini kamu simpan dulu..

..Sekarang instal "vMEmeSuper" di android kamu, setelah itu setting dibagian "device list" klik tombol tambah "+" makan akan muncul kotak "device detail", isikan "IP/Domain" dengan Ip public modem wifi kamu, kalau ip publik milik saya adalah "36.78.110.190". Hasil setting seperti dibawah ini.

Setting vMEmeSuper
Beres.

Coba kembali ke menu utama lalu klik "live Preview" tunggu hingga sebentar dan biasanya akan melalui tahap connecting >> Buffering >> playing, lihat hasilnya seperti berikut ini.

Hasil

Sekarang Cctv kamu sudah bisa diakses keseleruh penjuru dunia selama ada jarngan internet. Jika ada yang masih kurang jelas silahkan berkomentar, komentar kamu akan segera kami balas.


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.