Normal Mode
Responsive Mode

Inilah 7 Penyebab Disepelekan, Mulut Kamu Menjadi Bau Tak Sedap

Aroma Mulut Tak Wajar - Bau mulut tak sedap biasanya terjadi karena seseorang kurang menjaga dalam pola makanan maupun minuman sehingga dampaknya pada bau mulut yang tak sedap. Sebenarnya banyak cara instan agar mulut menjadi tak bau setelah makan dan minuma yang membuat mulut Anda berbau yaitu dengan menggunakan obat bau mulut yang mudah didapat diberbagai toko. Namun demikian, banyak orang mengharapkan bau mulut tak sedap itu dapat di tanggulangi secara alami. Lalu bagaimana cara menghilangkan bau mulut secara alami?? Sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dahulu penyebab bau mulut tak sedap. Banyak penyebab bau mulut tak sedap, diantaranya ada 6 penyebab utama bau mulut Anda menjadi tak sedap, diantaranya:

Inilah 7 Penyebab Mulut Menjadi Bau
Ref. Img by. fitisme.com

1. Kurang bisa menjaga kebersihan mulut

Tidak dipungkiri hampir semua jenis makanan dan minuman yang kita konsumsi berakibat negatif pada bau tak sedap yang keluar dari mulut saat kita berbicara. Apalagi menjadi seorang pembicara didepan banyak orang, sehingga yang paling diutamakan adalah menjaga agar mulut tidak berbau tak sedap, apalah jadinya jika para pembicara tidak bisa menjaga bau mulut, bisa menurunkan reputasinya dihadapann banyak orang. Untuk itu, cara yang harus dilakukan adalah selalu membersihkan mulut dengan benar-benar bersih, seperti gosok gigi/sikat gigi. Karena salah satu faktor yang dominan penyebab bau mulut adalah kotoran makanan yang tersimpan dalam sela-sela gigi sehingga membusuk dan membuat aroma tak sedap. Dengan sering-sering sikat gigi maka bau mulut akan berkurang.

Pastikan untuk sikat gigi minimal dua kali dalam sehari, pagi serta malam menjelang anda tidur. Namun bisa saja terjadi mulut masih berbau tak sedap, penyebabnya adalah pada  kotoran di permukaan lidah Anda. Tidak disadari kebanyakan orang bahwa lidah adalah tempatnya sari kotoran makanan, biasanya diwarnai dengan warna putih dipermukaan lidah, lidah yang bersin adalah berwarna merah muda. Untuk itu jangan lupa juga membersihkan permukaan lidah Anda.

2. Mengkonsumsi makanan pemicu bau mulut tak sedap

Makan pemicu bau mulut seperti jengkol, petai, bawang mentah merah/putih salah satu penyebab utama mulut Anda menjadi bau tak sedap. Memang banyak manfaat dibalik makanan dan bumbu tersebut untuk kesehatan namun dibalik manfaat itu membuat bau mulut tak sedap, dan juga penyebab lainnya dari bawang mentah merah/putih pada bau ketiak tak sedap. Alangkah baiknya jika Anda mengurangi mengkonsumsi jenis makanan pemicu bau mulut tak sedap.

3. Merokok pemicu bau tidak sedap

Mungkin hal ini adalah yang tidak disadari bagi pecandu rokok, selain pemicu penyakit paru-paru atau pernafasan, asap rokok juga dapat membuat mulut Anda tak sedap. Kurangi merokok! Alangkah baiknya jika Anda bisa berhenti merokok, karena selain pemicu penyakit pernapasan juga pemicu bau mulut tak sedap. Disisi lain juga, pasangan Anda akan tidak nyaman jika Anda adalah seorang perokok yang membuat pasangan Anda tak nyaman dengan Anda.

5. Sakit sariawan

Pemicu sariawan umumnya dari kurangnya mengkonsumsi air putih maupun vitamin C. Ketika sakit sariawan maka seseorang akan lupa untuk membersihkan mulutnya seperti sikat gigi, sehingga ini menjadi pemicu bau mulut tak sedap. Segera perbanyak minum air dan vitamin C agar sakit sariawan Anda lekas sembuh.

6. Lupa akan sarapan pagi

Jika Anda tidak biasa sarapan/makan pagi untuk berangkat ngantor sebagai gantinya minum segelas air putih agar lambung Anda bekerja dengan baik dan tidak menyebabkan aroma tak sedap yang keluar lewat mulut. Pastikan setiap pagi untuk selalu gosok gigi jika Anda memang sudah makan pagi.

7. Akibat sakit gigi berlubang.

Gigi berlubang salah satu pemicu bau mulut tak sedap. Sisa makanan yang masuk pada lubang gigi akan susah untuk dibersihkan sehingga menjadi busuk dan dapat membuat aroma mulut tak sedap. Apalagi sedang sakit gigi yang berdampak malas untuk membersihkan gigi. Cara agar menghilangkan bau mulut tak sedap saat sakit gigi bisa dijaga dengan menghindari mengkonsumsi makanan dan minuman pemicu bau mulut, sebaiknya segera obati gigi Anda. Sebaiknya cabut gigi berlubang Anda sebagai pemicu bau mulut tak sedap.

Pada hakikatnya bau mulut adalah karena sisa makanan pada sela-sela gigi, lubang gigi dan permukaan lidah yang jarang dibersihkan sehingga penumpukan sisa makanan dalam mulut tersebut akan membusuk dan menimbulkan bau tak sedap. Begitu juga jenis makanan pemicu bau mulut seperti jengkol dan petai akan membuat aroma bau mulut tak sedap, sebaiknya hindari makanan pemicu bau mulut tersebut.

Nah itu dia 7 penyebab bau mulut yang wajar, namu ada beberapa kasus tentang bau mulut seperti feses [tinja/tahi], ini hal yang sangat tidak diinginkan bagi kamu, hal ini bisa saja terjadi pada kamu yang normal , bisa menjaga kebersihan mulut dan pola makanan, dan lain-lain tapi masih saja bau mulut tak sedap. Dari kejadian ini kamu bisa konsultasi lebih mendalam kepada pakarnya.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu tahu untuk mendeteksi bau mulutmu. Munculnya bau mulut tak wajar ini terjadi karena beberapa hal, diantaranya karena kamu mempunyai penyakit sistemik, sebuah gejala penyakit dalam seperti masalah pencernaan.

Konon, pencernaan tidak berpengaruh pada bau mulut, tapi kenyataannya tidak demikian, sebab faktor utama bau mulut ya dari dalam tubuh kita, ada 4 penyebab secara umum yakni mulai dari kotornya lidah, gigi [lubang, kotor], pencernaan dan pola makanan dan minuman yang tidak sehat.

Jika ada ketidakwajaran diantara kamu yang mempunyai aroma mulut tak sedap maka bisa dipastikan kamu masih belum menghindari 1 dari 4 penyebab itu, ke empat penyebab tersebut harus benar-benar kamu jauhi.

#Ada suatu kasus tentang aroma mulut tak sedap..

Kenapa kok selalu berbau mulut ku padahal tidak ada gigi berlubang, sudah menggunakan obat kumur yang ada dipasaran secara rutin setiap hari dan sekaligus membersihkan lidah ku..

Dari pola minumannya juga sudah memaksimalkan pola minum yang baik untuk pencernaan seperti rutin mengkonsumsi susu fermentasi, jus buah-buahan dan yoghurt..

Namun, kenapa masih saja masih belum waras bau mulut ku !! (Isabela, wanita, 19 tahun)

Baik, dari beberapa kasus diatas anda dipastikan mengalami hal yang tidak wajar bukan ! pernahkah kamu merasakan bau mulutmu sendiri di ujung tenggorokan ? inilah penyebab utamanya, pelajari kesehatan pada diri kamu, karena kamulah yang bisa memahami, dokter hanya sebagai bahan konsultasi setelah semuanya masalah yang kamu alami sudah kamu temukan, dokter akan memberikan obat dan solusinya.

Ada satu tips mudah untuk melihat kondisi kamu bau mulut tak sedap, lihat air liur kamu, jika kental seperti bangun tidur maka dipastikan kamu mengalami penyakit sistemik, berkaitan dengan masalah pencernaan.

Kesimpulan bau mulut tak sedap:
  1. Adanya radang yang diakibatkan oleh bakteri pada daerah saku gusi
  2. Lidah yang kotor dan air liur yang terlalu sedikit
  3. Kurang minum air putih dan berkumur
  4. Penderita diabetes melitus yang sudah parah, dan
  5. Adanya gangguan pencernaan.

Sekian semoga artikel ini bisa menjadikan referensi bermanfaat bagi kamu untuk menjadi referensi teman-teman kamu yang mempunyai maslah bau mulut. semoga bermanfaat. Salam Sehat..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.