Normal Mode
Responsive Mode

Cara Membuat Blog Gratis Tanpa Batas di Blogger dan Google Sites

Mengelola blog memanglah asik, apalagi itu merupakan hobi kamu, sudah tentu aktifitas kamu setiap hari akan otak-atik blog, menulis blog, berbagi foto di blog, dll. Orang yang menggunakan blog mempunyai tujuan tertentu, ada yang untuk sekedar berbagi tulisan, mendokumentasikan foto hingga cerita, dan yang sudah berpengalaman lama, banyak diantara mereka yang menjadikan blog sebagai sarana mencari penghasilan uang, alias untuk keperluan komersial. Menguntungkan bukan!

Nah, kali ini saya akan mengajari sedikit kepada kamu membuat blog gratis dari google. Ada dua model blog yang saya ketahui yaitu dari Blogger dan Site Google, keduanya mempunyai kriteria blog yang berbeda.

Bagaimana cara membuatnya ?

Nanti akan saya bahas langkah demi langkah dibawah.

Sekarang saya akan memulai terlebih dahulu membahas kriteria masing-masing blog itu.

Blog dari Blogger Vs Blog dari Site Google

Kedua jenis blog itu dari satu perusahaan yaitu milik google, namun mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pertama saya bahas model blog dari Blogger, jika kamu pernah berselancar internet lalu menemukan blog yang ber subdomain seperti ".blogspot.co.id" maka itulah model blog dari blogger. Model blog itu akan sering kamu temui di internet, karena blogspot adalah sebuah blog gratis selamanya dengan kapasitas penyimpanan artikel dan foto sebesar 1,5 giga, fantastis bukan ! jika kamu menggunakan host berbayar dengan kapasitas 1,5 giga bisa mencapai 1 juta rupiah per tahunnya.

Blog dari Site Google juga mempunyai kapasitas penyimpanan 1,5 giga, bedanya ada difasilitasnya saja. Blogspot lebih fleksibel sedangkan Site Google tidak. Blogspot banyak templatenya sedangkan Google site tidak.

Jadi ketika kamu ingin membuat blog maka harus kamu putuskan terlebih dahulu. Ingin membuat blog untuk kebutuhan apa ? jika hanya untuk share sebuah file, dokumen Ms word atau Exel dan berbagi even, maka Site google adalah tempat yang tepat, pasalnya semua fasilitas itu sudah disediakan disana dengan instan.

Berbeda dengan blog dari blogger. Blog dari Blogger yang dikenal dengan BLOGSPOT diperuntukkan khusus bagi pemula sebab merupakan media sederhana untuk berbagi tulisan dan foto, tidak bisa digunakan seperti Google Site seperti untuk berbagi file, bisa pun kamu harus mahir dulu mendesain blogspot, pasalnya kamu harus menyisipkan kode script.

Contoh:

Jika kamu ingin berbagi file hasil penelitian kamu di blogspot, agar teman-teman kamu bisa mendownload file itu, maka kamu harus menguploadnya terlebih dahulu ke google drive lalu masukkan kode script ke blogspot, lebih ribet. Namun, akan lebih mudah dan cepat jika kamu menggunakan jenis blog dari Google Site, ada pilihan fasilitas upload file disetiap laman baru, biasanya ada opsi di bagian kanan setiap laman, ini untuk model tampilan dashboard yang baru.

Masih bingung..

Baik, saya simpulkan perbedaan kedua jenis blog ini kedalam tabel berikut ini, agar lebih jelas difahami.

Blogger.com Sites.google.com

namakamu.blogspt.co.id

Berbagi tulisan, foto

Desain Mudah

Template standard tersedia banyak

Template belum Support Mobile Friendly

Banyak pengguna

site.googgle.com/view/namakamu

Berbagi file

Desain cukup sulit

Template standard tersedia sedikit

Template sudah Mobile Friendly

Sedikit pengguna


Biar semakin mengerti, mari kita mulai membuatnya langkah demi langkah.

Saya awali dari membuat blog dari Blogger dulu..

1# Cara Membuat Blog Gratis dari Blogger


Pertama kunjungi www.blogger.com/go/createyourblog

Lalu login menggunakan email kamu, saya sarankan menggunakan akun @gmail, jika tidak kamu harus membuat akun gmail terlebih dahulu.

Setelah masuk ke blogger maka akan terbawa ke dashboard blogger, saat ini pada 21-03-2017 tampilan dashboard blogger sudah lebih baik, dan mungkin suatu saat akan berubah lagi lebih bagus dari sebelumnya, pada intinya jika tampilannya berubah makan perubahannya tidak drastis.

Lalu tambahkan blog baru dengan mengklik tombol "BUAT BLOG BARU", isikan nama blog dan nama url blog. Lalu klik ke proses selanjutnya, maka akan terbawa ke dashboard blogger, dashboard inilah tempatnya kamu otak-atik blog, mulai dari membuat artikel hingga desain template. Kalo kita lihat ada banyak fiturnya, jadi bagi pemula sudah tentu akan kebingungan dengan fitur-fitur itu, namun jangan khawatir saya akan sedikit sharing tentang kesemua fitur itu.

Mari kita mulai bahas..

Ada 9 fitur (selain daftar bacaan) yang bisa kamu lihat di sisi kiri dashboard. Lihat gambar berikut ini.

Fitur baru Blogspot

#Fitur Pos


Fitur pos sangat penting, jika saya ibaratkan rajanya blogger, blog tanpa postingan sama saja tidak ada artinya, semakin bagus dan banyak jumlah postingan di suatu blog akan memberikan nilai tersendiri bagi pengunjung, bahkan hanya jadi penulis blogger saja kamu bisa menjadi bintangnya blogger. banyak para senior blogger sangat terkenal karena isi postingannya bagus dan original, mudah dibaca dan dipahami publik.

Jadi fitur postingan tempatnya berbag tulisan dan foto, kamu bisa mensisipkan foto di artikel dengan mudah.

Caranya:

Kunjungi dashboard blogger >> Pos, disitu kamu bisa menulis artikel dan mensisipkan gambar layaknya kamu mensisipkan file image ke dalam MS Word.

#Fitur Statistik

Ini merupakan fitur untuk melihat statistik blog kamu, kamu bisa melihat fitur ini untuk persentase kunjungan dari negara mana saja, browser apa saja yang digunakan saat mengunjungi blog kamu dan persentase nya, keywor apa saja saat pengunjung mengetikkan di browsernya, dan lain-lain.

#Fitur Komentar

Fitur ini untuk mensetting komentar yang masuk, kamu bisa membatasi komentar yang masuk sesuai selera kamu, apakah khusus bagi pengguna akun blogger atau tidak, sesuai keinginkan kamu.

#Fitur Kampanye

Ini adalah fitur untuk google adword, bisasanya digunakan untuk para pengiklan google, ia berbayar namun juga kamu dapat memanfaatkan fersi gratisnya seperti google planer, gunanya untuk mengetahui kata kunci apa yang sering digunakan oleh para pengunjung google.com/co.id

#Fitur Laman

Fitur ini biasanya digunakan untuk laman Privacy policy, Disclaimer, Sitemaps dan lain-lain, fitur ini hampir dengan halaman postingan.

#Fitur Tata Letak

Fitur ini untuk menambahkan Gadget seperti Catagory, Arsip Blog, Label, Popular Post dan banyak lagi.

#Fitur Tema

Fitur ini sering digunakan untuk pekerjaan edit template, bisa menggunakan fasilitas bawaan blogger maupun tidak, jika tidak menggunakan fasilitas bawaan blogger, kamu harus berpengalaman tentang coding html.

#Fitur Setelan

Fitur ini yang penting selain fitur pos, pasalnya dengan memaksimalkan settingan setelan blogger blog kamu akan lebih SEO di pencarian google.

#Fitur Daftar Bacaan

Fitur ini akan berfungsi jika kamu menambahkan pertemanan antar blog teman kamu, disini akan tampak siapa saja yang sering menuliskan artikel barunya.

#Fitur Bantuan

Fitur ini bagi kamu yang ingin mencari informasi dari official blogger, sama halnya kamu mengujungi alamat https://support.google.com/. Banyak informasi seputar produk dan fasilitas dari Google.

#2 Cara membuat Blog gratis Sites Goolge


Pertama kamu harus mempunyai akun gmail, lalu kunjungi sites.google.com/create untuk proses awal mendaftar.

Login menggunakan akun gmail kamu, maka akan terbawa langsung ke dashboard Site Google. Buat blog Google sites semenarik mungkin, blog dari google site ini mirip seperti landing page, para pembisnis online memanfaatkan model blog ini untuk kebutuhan komersial seperti profil perusahaan, profil produk dan lain-lain.

Bingung..

Baik saya akan beri video sedernaha dibawah ini agar kamu bisa segera membuat blog, baik dari blogger.com maupun sites.google.com


Sekian semoga bermanfaat..


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.