Normal Mode
Responsive Mode

Setting Blogger .blogspot ke .tk Gratis Tahun Pertama - Selamanya #Spesial Work 100%

Cara Setting Blogger .blogspot ke .tk Gratis Tahun Pertama - Selamanya. Sebenarnya cara ini sudah banyak direview para blogger, namun admin ingin berbagi lagi tentang setting blogger .blogspot ke .tk yang disediakan oleh situs hosting dan domain dot.tk. Untuk hosting tidak ada yang gratis, hanya domainnya yang ditawarkan gratis namun terbatas hanya satu tahun, tahun selanjutnya berbayar. Admin telah mencoba setting .blogspot ke .tk dan alhamdulillah berhasil, tadinya jengkel settingannya sudah benar namun belum berhasil dan ternyata menunggu bebearap menit (kurang lebih 5 menitan) dan akhirnya langsung berhasil. Berikut langkah demi langkah yang admin terapkan saa mendaftar di dot.tk atau freenom, simak dengan seksama ya..


Pertama, kunjungi situsnya di dot.tk atau freenom.com kedua situs itu sama, lalu daftarkan akun baru dengan email yang bisa dibuka untuk memverifikasi. Cara daftar dimulai dengan mengetikkan domain yang anda inginkan seperti masulum.tk atau apa saja sesuai keinginan, yang terpenting pilih domain yang .tk bukan yang .cf .ga .ml karena menurut saya domain .tk lebih friendly di mesin pencari.

Ket.:
  1. Pilih nama domain Anda. Caranya masukkan nama kamu dikolom "Temukan domain GRATIS baru", lalu klik cek ketersediaan.
  2. Langkah kedua. Pilih domain yang berakhiran .tk, ini lebih seo friendly di mesin pencari (menurut pribadi), tetapi semua ada pilihan kamu. Lalu klik pencarian nama domain, dan lakukan pengisian form pendaftaran selanjutnya, dengan memilih 12 bulan lama penggunaan .tk, lumayan kan selama setahun dapat memakai domain keren dan gratis.
  3. Kirim konfirmasi kode verifikasi ke akun email yang kita daftarkan, jika belum ada balasan dari pihak freenom.

Agar lebih mudah memahaminya saya sertakan alur dengan gambar dibawah ini.

Dibawah ini terlihat panduan gambar setelah langkah kedua diatas.


selanjutnya..


selanjutnya..


Setelah kamu selesai order domain gratis ini, yang kamu lakukan selanjutnya adalah membuat akun freenom. Caranya dengan mengisi alamat email yang benar dan masih berlaku, Lihat gambar dibawah ini.


Akun email bebas, bisa menggunakan jenis email apapun. Lalu klik "verify email address".


Lalu akan tampil notofikasi seperti dibawah ini. Pengalaman saya langsung terkirim kode verifikasi email. Kode yang dikirim bisa cepat atau lambat dengan batas maksimal 24 jam. Cek email kamu dan klik kode verifikasi yang dikirim, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Jika sudah kamu klik maka pendaftaran akun resmi sudah jadi. selanjutnya adalah dengan mengisi data lengkap, isis semua dengan valid mulai dari nama hingga isian password. Setelah semu terisis lengkap dan benar, lalu centang "I have read and agree.." dan klik "Complete order".


Maka selanjutnya akan ada notifikasi "order confirmation" sepeti gambar dbawah ini.


Setelah itu kunjungi laman ini (https://my.freenom.com/clientarea.php?action=domains) untuk langkah selanjutnya mengisi Manage Freenom DNS.


Ikuti panduan selanjutnya dibawah ini..


Setelah langkah diatas telah selesai anda lakukan, maka yang agak sedikit ruwet bagian setting blogger .blogspot menjadi akhiran .tk, namun saya akan pandu sampai berhasil, berikut panduannya mohon disimak dengan seksama, agar tidak ketinggalan langkahnya.


Untuk masuk seperti pada gambar diatas, anda pilih menu domain - my domain - manage domain - Manage Freenom DNS, Jika tidak tampil seperti diatas centang/pilih dulu sebagai Use default nameservers di Manage Freenom DNS.


Lalu tambahkan 6 baris dengan klik add more record , sudah belum ...


Jika sampai disini masih bisa mengikuti langkah saya, lanjut dalam mengisi kolom baris-baris tersebut, perhatikan dengan seksama.

Ada 6 baris kebawah dan 4 kolom kesamping (name, type,TTL, dan target), detailnya sebagai berikut:


1. Isi name= www, type= CNAME, TTL= (biarkan default), target= ghs.google.com


2.
Isi name= cllipbgf5zjs (nama cllipbgf5zjs ini bisa berubah), type= CNAME, TTL= (biarkan default), target= gv-ghg2fv****.dv.googlehosted.com

ket.: cllipbgf5zjs dan gv-ghg2fv****.dv.googlehosted.com (sesuaikan diblogger anda, pergi ke setting - bagian Publishing - Blog Address.


3. Isi name= (kosongkan saja), type= A, TTL= (biarkan default), target= 216.239.32.21
4. Isi name= (kosongkan saja), type= A, TTL= (biarkan default), target= 216.239.34.21
5. Isi name= (kosongkan saja), type= A, TTL= (biarkan default), target= 216.239.36.21
6. Isi name= (kosongkan saja), type= A, TTL= (biarkan default), target= 216.239.38.21


Hasil akhirnya seperti ini.


Setelah semua benar sesuai petunjuk diatas, lalu klik "save change" Sampai ada notifikasi sukses seperti dibawah ini.


Jika belum ada notifikasi seperti diatas, ulangi sekali lagi 6 langkah diatas.

Referensi 6 langkah diatas diambil dari sini https://support.google.com/..

Setelah itu pergi ke settingan blogger tadi, tunggu dulu jangandi klik save dulu, WAHH mulai hati dag dig dug kira-kira bisa tidak ya, ops.. tunggu dulu biarkan 4-5 menit, lalu klik save dan TRENGG  BERHASIL ...
Jika berhasil settingan diatas akan ada notifikasi dari blogger seperti ini.




Nah bagaimana jika gratisan setahun menjadi selamanya dengan nama domain yang telah disetting tersebut, misalkan www.namakamu.tk menjadi aktif 2 tahun kedepan dan selamanya. Caranya sangat sederhana namun harus mempersiapkan email yang berbeda dengan mendaftarkan akun di domain .tk gratisan. Ikuti pendafaran seperti diatas hingga berhasil.

Lalu mungkinn ada pertanyaan...

Bagaimana bisa jika hari ini domain www.namakamu.tk expired lalu di order gratiss lagi ??
Sepengetahuan saya bisa.. Inilah kelebihan dan kedermawanan perusahaan domain gratis freenom.com, setelah waktu domain expired bisa kita order lagi dengan catatan menggunakan email pendaftaran yang berbeda dari sebelumnya, begtu seterusnya di tahun ketiga dan seterusnya.

Mungkin sekian penjelasan Cara Setting Blogger .blogspot ke .tk Gratis Tahun Pertama - Selamanya dari admin, jika masih ada kesulitan bisa komen dibawah ini.


PERHATIAN! Mohon dengan amat sangat untuk tidak copy paste isi artikel dalam blog ini kecuali disertai sumber URL-nya. Blog ini atas perlindungan Allah SWT semata.


Related Post:

Post a Comment

Terimakasih sudah menyempatkan untuk berkomentar.