3 Langkah Cara Mudah Menyatukan Halaman Skripsi Menjadi Satu File : COVER - i,ii,iii - 1,2,3

Memindahkan dokumen penelitian menjadi satu mulai dari judul/cover, Bab I hingga Bab IV dan Lampiran dengan mudah [work 100%] saya lakukan dengan menggunkan MS Word 2013, bisa juga Anda coba di MS Word 2007 - 2010. Terkadang bagi yang tidak mencermati cara ini memang agak sulit, namun jika kita cermati dengan seksama sangat mudah. Jika Anda terlanjur memisahkan file penelitian mulai dari COVER, BAB I, BAB II hingga BAB terakhir tidak masalah karena dengan mudah dapat di jadikan menjadi dalam 1(satu) bentuk file. Nah pada hakikatnya 3 langkah menyatukan skripsi ini adalah untuk menyelesaikan masalah-maslah bagaimana cara buat halaman cover hilang dan cara kombinasi page pada word sehingga akan terbentuk beberapa tipe halaman pada satu file skripsi seperti cover, daftar isi, bab dan lampiran.

Saya akan memandu Anda hingga selesai bagaimana cara untuk menjadikan semua file-file yang terpisah itu menjadi satu bagian file dengan pemberian halaman yang berbeda, yakni:

  1. Tanpa Halaman. Bagian tanpa halaman pada penelitian seperti Skripsi dan sejenisnya biasanya ada pada bagian Cover, Motto, lembaran persetujuan, lembaran pengesahan, lembaran pernyataan dan lembaran persembahan.
  2. Halaman dengan Abjad (i,ii,iii). Bagian halaman dengan menggunakan Abjad ini bisanya ada pada bagian Abstrak penelitian, Daftar Isi, hingga bagian sebelum Bab I.
  3. Halaman Standar/anga (1,2,3). Bagian halaman dengan menggunakan Angka Biasanya mulai dari Bab I hingga Bab IV
  4. Halaman Standar/anga (1,2,3) untuk Lampiran. Bagian lampiran ini biasanya diawali dari halaman pertama (1,2,3).

Dengan demikian pada bagian 1 (satu) file Ms Word terdapat 4 bagian yang berbeda yang harus kita pisahkan, yaitu (Cover - i,ii,iii - 1,2,3 untuk bagian Bab - 1,2,3 untuk lampiran). Perhatikan dengan seksama cara dibawah ini.

  1. Buka ms word Anda
  2. Buatlah 1 halaman dulu dan buat covernya
  3. Enter kursornya hingga di bagiah akhir/bawah. Kursor harus tepat dibagian bawah, baik pojok kirik, tengan maupun pojok kanan terserah Anda yang terpenting posisi kursor ada dibagian baris paling bawah halaman Ms Word. Buatlah 1 halaman keja saja dalam Ms Word Anda yaitu untuk cover.

Langkah I. Saatnya untuk kita mengaturnya, pertama atur Page Layout pada tab MS Word Anda, caranya: klik pada Page Layout - Breaks - Page. Lihat dan perbesar gambar dibawah ini di langkah pertama/kotak merah pertama.

Cara Menyatukan Halaman Skripsi Menjadi Satu File [COVER - i,ii,iii - 1,2,3]
Cara ke -I

Langkah ke II. Maka halaman kerja pada Ms Word Anda akan bertambah 1 halaman kerja dibawahnya setelah Anda melakukan Page Layout - Breaks - Page dan kursor menjadi ke bagian halaman kerja kedua. Pindahkan lagi kursor Anda pada bagian baris terakhir halaman kerja pertama sebagai Cover tadi. Lihat dan perbesar gambar dibawah ini, kursor ditempatkan setelah tahun 2015 baris paling bawah, baris tahun tersebut kebetulan pada bagian baris terakhir lembar kerja, jika posisinya masih belum tepat pada baris terakhir lembar kerja maka pindahkan kursor hingga baris terakhir lembar kerja pada MS Word Anda, agar cara ini bisa bekerja dengan baik.

Cara-ke-2-merubah-Halaman-Skripsi-yang-berbeda-Menjadi-Satu-File-dari-Cover-hingga-Bab-iv-dengan-halaman-yang-berbeda
Cara ke -II
Langkah ke III. Lakukan sekali lagi pengaturan Page Layout, caranya kli Page Layout - Breaks - Next Page. Maka halaman/lembar kerja Anda bertambah 1 lagi menjadi 3 halaman kerja. sehingga hasilnya:
  1. Jika klik Page Layout - Breaks - Page, maka tambah 1 halaman. Halaman ini nantinya untuk format penomoran halaman dengan abjad i,ii,iii pada daftar isi.
  2. Jika klik Page Layout - Breaks - Next Page, maka tambah lagi 1 halaman. Di halaman inilah yang boleh Anda otak atik.

Sekarang atur nomornya terlebih dahulu, klik kanan pada footer cover lalu atur penomoran standar 1,2,3 maka cover dan halaman berikutnya mempunyai halaman footer standar 1,2,3. Hasilnya sebagai berikut:
  • Halaman pertama dengan nomor 1
  • Halaman kedua dengan nomor 2
  • Halaman ketiga dengan nomor 3
Baca juga: 6 Cara Akurat Membuat Halaman Nomor Word Berbeda (Atas Bawah) pada File Skripsi
Nb. Kasus masalah ini terjadi biasanya disetiap awal bab

Antara halaman 1 dan 2 sudah terpisah sehingga pemberian halaman 1 dan 2 bisa dirubah, artinya halaman 1 bisa dihilangkan nomornya dan halaman 2 dirubah dengan penomoran abjad i,ii,iii. Caranya mudah, untuk menghilangkan nomor pada halaman pertama klik kanan footer lalu edit dan centang Different First Page, caranya klik DESIGN lalu centang pada bagian atas tepatnya pada Different First Page, maka halaman pertama akan hilang secara otomatis. Anda bisa menambahkan halaman-halaman tanpa nomor dibawah Cover ini, silahkan mengunjungi halaman tentang cara menambahkan halaman tanpa nomor setelah cover skripsi sebelum Bab I.

pemberian-penomoran-skripsi-yang-berbeda
img gif edited

Dari gambar diatas terlihat pada halaman pertama tanpa penomoran dan halaman kedua dan ketiga menjadi penomoran abjad i,ii,iii.

Selanjutnya menambahkan halaman lagi dengan penomoran standar (1,2,3) untuk BAB I hingga BAB IV. Caranya pergi kehalaman kerja ke tiga tepatnya pada halaman footer (ii), lalu tepatkan kursor dibagian baris paling bawah halaman (ii). Kemudian klik Page Layout - Breaks - Page, jika kursor lari kehalaman berikutnya kembalikan kursor ke halaman ii baris paling bawah, lalu klikn Page Layout - Breaks - Next Page, maka halaman akan bertambah 2 halaman dan jumlah halaman keseluruhan menjadi 5 halaman kerja, dengan hasil sebagai berikut:

  1. Halama cover tanpa nomor
  2. Halaman Kedua dan ketiga, menggunakan nomor (i,ii)
  3. Halaman ke empat dan ke lima, menggunakan nomor (i,ii). Munculnya nonor abjad ini otomatis, jangan khawatir! ganti pemonoran abjad di halaman ke-4 dan ke-5 dengan penomoran standar (1,2,3). Caranya seperti diatas, klik kanan pada footer halaman kerja ke-4 lalu KLIK Page Number lalu pilih Format Tex Numbers... lihat gambar dibawah ini:


Lalu muncul pengaturan seperti dibawah ini, atur sesuai gambar. Halaman penomoran diubah menjadi penomoran standar (1,2,3).


Begitu seterusnya, lakukan sekali lagi untuk penomoran standar (1,2,3) untuk bagian lampiran.

Belum faham! begini gambarannya: Kali ini Anda akan menyatukan beberapa file Skripsi itu menjadi satu bentik file dengan pemberian halaman dan tanpa halaman seperti.

  1. Cover - tanpa halaman
  2. Bagian daftar isi - terdapat halaman abjad i,ii,iii
  3. Bagian Bab -  terdapat halaman nomor 1,2,3
  4. Bagian Lampiran - terdapat halaman nomor 1,2,3

Jadi 1 file lembar kerja terdapat 4 bagian yang berbeda, jadi kita lakukan Page Layout - Breaks - Page dan Page Layout - Breaks - Next Page sebanyak 3 kali. Perlakuan ini terhitung dari lembar kerja Cover.

Maka jumlah lembar kerja keseluruhan Anda adalah 7 halamann namun bisa ditambahkan setelahnya sesuai selera, yang terpenting sudah terbagi terlebih daluhu menjadi 4 bagian dalam 1 file ( cover, daftar isi, bagian Bab, dan lampiran). Untuk lebih jelasnya lihat video berikut untuk mempermudahkan cara diatas.




Setelah selesai membuat layout 3 bagian dalam 1 (satu) file. Pekerjaann terakhir adalah copy paste mulai dari cover hingga lampiran pada penelitian Anda dari file-file terpisah yang Anda miliki. Semoga bermanfaat.

31 comments:

  1. assalamualaikum, mas saya sudah berhasil bikin halaman seperti tutorial diatas, nah yg saya bingung sekarang, bagaimana cara menambahkan halaman tanpa nomor setelah cover skripsi sebelum BAB I itu? saya cari link yg ttg itu nggak ketemu, mohon dijawab ya mas, terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. 'Afwan, kalo mau atur posisi footernya gimana??

    Misalnya halamn 1 mau footer bottom, terus footer selanjutnya mau footer top..

    Mohon bantuannya!!!

    Syukronn...!!

    ReplyDelete
  3. makasih banyak mas share dan ilmunya, manfaat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mb Azizah, Semoga skripsinya lekas kelar

      Delete
  4. Kalau cara memisahkan file bagaimana?

    Misalnya file skripsi yg sudah digabungkan ingin dipisahkan kembali perbab?

    ReplyDelete
  5. Selam ini belum mencoba gan Yayan. Sebaiknya sebelum di gabungkan di duplikat dulu filenya. Jika ada tutorial memisahkan file tsb akan saya share ya.. Trims kunjungannya

    ReplyDelete
  6. terimakasih banyak gan,, sangat membantu..

    ReplyDelete
  7. pagi mas, mas saya udah ikutin petunjuk di atas tapi masih gak bisa di save.. udah coba ulang tetap gak bisa.. mohon bantuannya mas..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. @jufri : mungkin Ms Word nya bermasalah. Silahkan download contoh jadinya dari cara diatas di laman ini

      Delete
  8. terimakasih sangat bermanfaat, semoga berkah :)

    ReplyDelete
  9. Terima kasih mas ilmunya, sangat membantu 👍👍

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaikum. Bisa minta link videonya tidak kak soalnya mau didownload. Terima kasih..

    ReplyDelete
  11. Halo mas, bagaimana cara hilangkan nomer halaman di header tiap kepala atau bagian awal BAB?

    ReplyDelete
  12. Super Sekali, akhirnya saya bisa mengerjakan skripsi dengan tenang.
    Terima kasih atas pnejelasannya

    ReplyDelete
  13. saya bingung mas,,, itu page atau next page sih ? langkah 1 sampai 3 gak sinkron,,, yg dlik satu atau dua duanya ? karna di tulisannya satu ajh yg dklik kok di gambarnya ada dua yg dklik,,, saya follow semua tp jadinya page saya 4, saya dpt 3 halaman, tapi pas ganti lamanan di page 2, page 3 nya tidka ikut terganti, seperti di Gif yg terlampir diatas.. makasih mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dua duanya harus dilakukan, pertama: "page", setelah melakukan ini lalu lakukan lagi "Nex Page", setelah melakukan kedua ini halaman diatasnya sudah terpisah dengan yg baru saja dilakukan "Next Page", untuk membuktikannya halaman diatasnya, coba Arin ganti penomoran di kedua halaman yang sudah terpisah itu, jika berhasil berarti Arin sudah benar. Jika masih bingung silahkan dowload hasilnya di Di sini

      Delete
  14. terimakasih, sangat bermanfaat, salam

    ReplyDelete
  15. info nya sangat bermanfaat gan,,
    saya udah berhasil menyatukan dalam satu halaman
    hanya masalahnya halaman yg di romawi juga halaman biasa tidak bisa urut 1,2,3.. malah sama semua baik halaman romawi maupun halaman yang biasa.. itu gimana mengaturnya ya?
    terimakasih

    ReplyDelete

Aturannya berkomentar sbb:
1. Jika bertanya yang baik.
2. Tidak boleh spam/Link Hidup.
3. Bertanya yang jelas nggak memakai singkatan yang sekiranya sulit dipahami.
4 Bisa bertanya bisa menjawab.
5. Itu aja persyaratannya.
6. Akan disetujui